Wednesday, October 15, 2008

Klub Peduli Air ; Persahabatan Jali dan Bondol

Selain sebagai hiburan, film animasi juga bisa menjadi sarana bagi kita untuk mempelajari lingkungan hidup lho. Contohnya yang dilakukan PT Aetra Air Jakarta, yang pada tanggal 5 Agustus lalu di Hotel Borobudur Jakarta memutar film animasi berjudul Klub Peduli Air. Film berdurasi pendek ini bercerita tentang persahabatan antara Jali, seorang siswa SLTP, dengan Bondol, seekor elang laut berwarna merah. Dalam film tersebut, Bondol mengajak Jali bertualang dengan terjun ke dalam air yang sangat kotor.
Petualangan itu kemudian membuka mata Jali bahwa ternyata air bersih itu sangat berharga. Namun, masih banyak orang yang belum peduli pada kebersihan lingkungan, terutama kebersihan air. Mereka masih suka mengotori sungai dengan membuang sampah sembarangan, sehingga sungai dan sumber air menjadi tercemar. Akibatnya, kita menjadi kesulitan untuk memperoleh air bersih. Di kota-kota besar, air pun menjadi mahal karena sudah tercemar limbah dan harus diolah terlebih dahulu.
Pada saat pemutaran itu, teman-teman kita yang terpilih sebagai Duta Air berkesempatan untuk menonton film animasi tersebut. Mereka mengaku sangat menyukai film itu, karena selain bentuknya animasi yang banyak menampilkan adegan lucu, film itu juga memberi penyadaran tentang pentingnya air bersih bagi kehidupan. Seperti yang dikatakan Zahra, salah seorang Duta Air yang mewakili sekolahnya, “Wah, filmnya asyik banget. Selain lucu, juga bisa menambah wawasan kita tentang kebersihan lingkungan, terutama kebersihan air.”
Nah, teman-teman...ayo kita jaga supaya air tetap bersih sebagai sumber kehidupan untuk kita!

No comments: